RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang
petunjuk denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mendengarkan petunjuk arah
yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke Bumi Perkemahan dengan Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) serta Berani ( courage)
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan denah
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan
mengenai denah yang dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah berdasarkan penjelasan yang
didengar.
§ Menjawab pertanyaan sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara lisan mengenai denah
yang dibuat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-
Bertanya
jawab seputar denah yang diamati.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang
dibacakan guru. secara perhatian ( respect ).
F
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta menggambar
denah sendiri dengan cara Tanggung
jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk mencapai Bumi Perkemahan. SD
YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke
kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan
raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di
sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya
apakah denah buatannya sudah benar!
F
Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang
dibacakan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta menjelaskan secara lisan di depan kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membuat
gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah
denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan
secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan sendiri
Aspek
Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kesesuaian gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2.
Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi
Perkemahan
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku paket Bina Bahasa Indonesia 4A
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Tema : Peristiwa
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1. Mendengarkan: Mendengarkan penjelasan tentang simbol daerah/lambang
korps.
B. Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan kembali secara lisan atau tertulis penjelasan tentang
simbol daerah/lambang korps.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mendengarkan penjelasan
tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Mencatat pokok-pokok
penjelasan tentang lambang Pramuka.
§ Siswa dapat Menuliskan penjelasan tentang
lambang Pramuka secara terperinci
§ Siswa dapat Menjelaskan secara lisan arti
lambang Pramuka
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Lambang
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Mendengarkan penjelasan tentang lambang
Pramuka.
§ Mencatat pokok-pokok penjelasan.
§ Menuliskan penjelasan tentang lambang
secara terperinci.
§ Menjelaskan kembali secara lisan tentang
arti lambang.
F. Langkah-langkah Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
diajak memperhatikan lambang Pramuka (Tunas Kelapa) yang dipajang di depan
kelas.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang
lambang Pramuka.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Sambil
mendengarkan, siswa mencatat hal-hal penting penjelasan guru tentang arti
lambang Pramuka.
F
Selanjutnya siswa diminta menjelaskan kembali secara
tertulis tentang lambang Pramuka sebagaimana penjelasan guru.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menjelaskan kembali tentang
lambang Pramuka secara lisan di depan teman-temannya.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menjelaskan secara lisan arti lambang
|
Tertulis, penampilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
·
Tuliskan penjelasan tentang lambang Pramuka
secara terperinci !
· Jelaskan
secara lisan arti lambang Pramuka !
|
No.
|
Unsur
Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Ketelitian siswa membuat konsep penjelasan.
Keberanian siswa menjelaskan arti lambang Pramuka
Gaya penyampaian di depan kelas
Kejelasan makna lambang Pramuka yang disampaikannya
|
H. Sumber / Bahan
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 18.
§ Lambang Pramuka/Tunas Kelapa
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 4 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
B. Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskrifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat
yang runtut.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Mengamati gambar denah
§ Siswa dapat Menjelaskan tempat berdasarkan
denah
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi Pokok
§ Denah lokasi
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Menjelaskan tempat sesuai denah secara
tertulis
§ Menjelaskan denah secara lisan.
§ Menjelaskan denah menuju rumah
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
diajak mengamati denah yang dipajang di papan tulis. ( Lihat Bina Bahasa
Indonesia 4A hal. 3 )
-
Tanya
jawab sekitar denah.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa berdiskusi kelompok membicarakan arah
yang harus dilalui Sugi jika ingin ke rumah Nugie .
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menuliskan hasil diskusi kelompok tentang arah
perjalanan Sugi menuju rumah Nugie
dengan kalimat yang runtut.
|
F
Salah
seorang anggota masing-masing kelompok diminta menjelaskan secara lisan cara menuju rumah Nugie dari rumah Sugi di depan kelompok lain.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta membuat denah perjalanan menuju rumah masing-masing dari sekolah.
F
Siswa diminta membacakan denah yang dibuatnya
sendiri di depan kelas.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Mendeskrifsikan tempat sesuai denah
|
Tertulis dan pe-nampilan
|
Uraian
|
·
Jelaskan tempat berdasarkan denah!
|
§ Penampilan perwakilan kelompok menjelaskan
secara lisan cara menuju rumah Nugie
dari rumah Santi.
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
§ Penjelasan siswa tentang denah
perjalanannya dari sekolah ke rumahnya.
Aspek Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
§ Gambar denah lokasi
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit ( 2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
2. Berbicara: Mendeskrifsikan secara
lisan petunjuk penggunaan suatu alat.
B.
Kompetensi Dasar
2.2. Menjelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan
benar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§ Siswa dapat Menjelaskan kembali petunjuk
penggunaan alat sesuai teks percakapan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Teks petunjuk penggunaan
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca petunjuk penggunaan alat.
§ Menjelaskan petunjuk penggunaan alat.
§ Mendiskusikan petunjuk penggunaan alat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran :
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
mengamati benda ( Stapler ) yang ditunjukkan guru dengan cermat.
-
Siswa
membentuk kelompok dengan beberapa anggota.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
membaca petunjuk penggunaan Stapler dalam Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal.
19.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara
individu siswa diminta menjelaskan secara lisan penggunaan Stapler di depan
teman-temannya dengan kata-kata sendiri.
F
Siswa
mengamati benda yang ditunjukkan guru ( Pesawat telepon ) tanpa petunjuk
penggunaan
F
Siswa
diminta mendiskusikan pembuatan petunjuk penggunaan telepon bersama kelompok masing-masing.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya di
depan teman-teman sekelasnya.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menjelaskan petunjuk penggunaan alat
|
Tertulis dan penampil-an
|
Uraian
|
·
Jelaskan petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Kerja sama dalam kelompok
Ketelitian urutan pembuatan petunjuk penggunaan
telepon.
Keberanian siswa menyampaikan laporan hasil diskusi.
Gaya penyampaian hasil diskusi.
|
Hasil kerja siswa
Penampilan siswa
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 19 dan
20.
§ Stapler dan Pesawat telepon.
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Waktu : 4 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
B.
Kompetensi Dasar
3.1. Menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara
membaca sekilas.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca sekilas teks bacaan
yang berjudul ”Pensil Ajaib”
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi teks.
§ Siswa dapat Menemukan pikiran pokok bacaan
masing-masing paragraf
§ Siswa dapat Membuat kalimat permintaan
sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi Pokok
§ Teks panjang
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca sekilas teks panjang
§ Menjawab pertanyaan panjang
§ Menemukan pikiran pokok teks panjang
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
diminta membaca dalam hati “Senangnya Ikut Persami” secara teliti minimal 2
kali. (Buku Bina Bahasa Indonesia 4 hal. 4 dan 5)
-
Memperkenankan
siswa menanyakan makna kata-kata yang tidak dimengerti.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
secara tertulis.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta menemukan pikiran pokok pada setiap paragraf bacaan yang diberi angka
sebagai penanda paragraf.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta melaporkan pikiran pokok yang di temuka
dalam bacaan dengan cara membacakan di
depan kelas atau ditempat duduknya masing-masing.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menemukan pikiran pokok teks
|
Tertulis
|
Lembar observasi
|
·
Buatlah kalimat permintaan sesuai contoh yang
terdapat pada teks bacaan!
|
No.
|
Unsur
Penilaian
|
Nilai dengan
Bobot ( 1 – 5 )
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Ketepatan menentukan pikiran pokok paragraf
Keruntutan menyusun kata menjadi kalimat
Ketepatan menggunakan ejaan.
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A hal. 4 – 5
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa
Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam
kamus/ensiklopedi
B. Kompetensi Dasar
3.2. Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca sekilas
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan
§ Siswa dapat Mencatat petunjuk dalam bacaan
§ Siswa dapat Melakukan sesuatu berdasarkan
petunjuk yang dibaca
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Teks bacaan berisi petunjuk pemakaian
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks berisi petunjuk pemakaian.
§ Membuat ringkasan
§ Menjelaskan petunjuk
§ Memperagakan petunjuk pemakaian sesuatu
sesuai teks yang dibaca.
§ Menanggapi penjelasan
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca teks berisi petunjuk ”Penggunaan Stiker atau Kertas untuk
-
Mengukur
Kotor atau Tidaknya Udara di Rumah”
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta membuat ringkasan petunjuk
pemakaian.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Secara
lisan siswa diminta menjelaskan cara mengetahui kotor tidaknya udara dengan
kata-kata sendiri di hadapan teman-teman.
F
Siswa
diminta memperagakan cara menggunakan kertas stiker atau kertas putih polos untuk mengukur kotor tidaknya
udara.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya siswa diminta mengajukan pertanyaan
secara lisan sesuai dengan pernyataan yang ada.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melakukan sesuatu sesuai petunjuk
|
Proses dan produk
|
Lembar observasi
|
·
Lakukanlah
sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Kerja sama dalam kelompok
Keberanian menjelaskan di depan teman
Gaya Penyampaian
Keberanian menerima kritik
|
Penampilan siswa mewakili kelompok
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / semester : IV / I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompoetensi
3. Membaca
Memahami teks
agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
B.
Kompoetensi Dasar
3.3. Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus / ensiklopedi
melalui membaca memindai.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca teks yang berjudul
”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesuai isi
bacaan
§ Siswa dapat Menjelaskan cara menggunakan
kamus
§ Siswa dapat Membuat daftar kata sukar dan
menemukan artinya dalam kamus
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Kamus / Ensiklopedi Anak Nasional.
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks
§ Menjawab pertanyaan bacaan
§ Menggunakan kamus
§ Menemukan makna kata sukar dalam kamus /
ensiklopedi.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca teks ”Kereta Api Dulu dan Sekarang”
-
Tanya
jawab seputar teks yang dibaca.
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengarkan penjelasan guru
tentang cara menggunakan kamus
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
diminta mendaftarkan kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan yang dicetak
miring dalam kelompok masing-masing.
F
Siswa diminta mencari arti kata sulit tersebut
menggunakan kamus.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Salah
seorang siswa perwakilan kelompok diminta melaporkan
hasil kerja kelompok di depan teman-teman sekelas.
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menemukan makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
Proses dan produk
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Jelaskan cara menggunakan kamus!
·
Buatlah daftar kata sukar dan menemukan
artinya dalam kamus!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Kekompakan dalam kelompok
Ketepatan dalam menggunakan kamus
Ketepatan menggunakan kata sulit dalam kalimat
Keberanian dalam menyampaikan laporan
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
§ Kamus dan Ensiklopedi
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk Siswa yang belum memenuhi
syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi waktu : 4
x 35 menit
A. Standar /Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.1. Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan
penggunaan ejaan ( tanda titik dua dan tanda petik ).
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca teks percakapan yang
berjudul”Calon Ilmuan”
§ Siswa dapat Menjawab per-tanyaan sesuai
isi percakapan
§ Siswa dapat Melengkapi percakapan rumpang.
§ Siswa dapat Memberi tanggapan terhadap
pokok permasalahan
§ Siswa dapat Menggunakan tanda titik dua
(:) dan tanda titik dalam kalimat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Percakapan rumpang.
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks cerita.
§ Menjawab pertanyaan
§ Mengubah teks cerita ke dalam bentuk
percakapan.
§ Memperagakan percakapan sesuai teks yang
dibuat.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca teks cerita ”Pemain Cadangan”
dalam hati.
-
Tanya
jawab sekitar cerita “Pemain Cadangan”
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
secara individu menjawab pertanyaan cerita.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Kegiatan
dilanjutkan dengan mengubah cerita ke dalam bentuk percakapan dengan cara
menyalin kalimat yang diucapkan langsung oleh sang tokoh cerita dan tidak lupa
memberi tanda kutip pada setiap ucapan langsung sang tokoh.
F
Kemudian
dilanjutkan dengan memperagakan percakapan yang telah dibuat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Memberikan Penilaian setiap penampilan.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melengkapi percakapan
rumpang
|
Proses dan produk
|
Tertulis
|
·
Jawablah pertanyaan sesuai isi percakapan!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Keruntutan kalimat percakapan
Penggunaan tanda baca
Keruntutan cerita
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A. Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.2. Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara
membuat sesuatu.
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca teks berisi petunjuk
melakukan suatu percobaan
§ Siswa dapat Mengurutkan petunjuk melakukan
sesuatu sesuai gambar
§ Siswa dapat Menulis petunjuk melakukan
sesuatu
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Petunjuk melakukan sesuatu.
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca teks berisi petunjuk melakukan
suatu percobaan.
§ Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu
sesuai gambar.
§ Menulis petunjuk melakukan sesuatu.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca teks berisi petunjuk melakukan percobaan sambil mengamati
gambar-gambarnya.
-
Tanya
jawab tentang petunjuk percobaan.
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu
percobaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyusun urutan petunjuk ”Membuat Pelangi” sambil memperhatikan gambarnya.
F
Kegiatan
dilanjutkan menulis petunjuk untuk mengembangbiakkan tanaman cocor bebek berdasarkan pengamatan
gambar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
mempraktikkan pengembangbiakkan tanaman cocor bebek sesuai petunjuk yang telah dibuat siswa.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Tulislah petunjuk melakukan sesuatu
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Bila urutannya hanya benar 1 diberi skor 2
Bila 2 kalimat yang urutannya benar diberi skor 5
Bila 3 kalimat berurutan diberi skor 8
Bila semua kalimat berurutan diberi skor 10
|
Urutan petunjuk melakukan sesuatu yang dibuat siswa
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4 x 35
menit (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat
B.
Kompetensi Dasar
4.3. Melengkapi bagian cerita yang hilang dengan menggunakan kata/kalimat
yang tepat.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca cerita yang rumpang ”Celengan
Beni”
§ Siswa dapat Melengkapi cerita “Celengan
Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
§ Siswa dapat Menggunakan tanda titik dan
tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi
§ Cerita Rumpang
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca cerita yang masih rumpang.
§ Melanjutkan/melengkapi cerita
§ Memahami penggunaan tanda titik.
§ Menggunakan tanda titik dan tanda baca
lainnya.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran:
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca cerita rumpang ”Celengan Beni”
-
Tanya
jawab tentang teks rumpang.
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat Membaca cerita yang rumpang
”Celengan Beni”
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Kegiatan
dilanjutkan dengan melengkapi teks cerita rumpang tersebut dengan kalimat yang
tepat bersama teman kelompok.
F
Kemudian
siswa diminta membacakan kembali teks cerita yang sudah dilengkapi di depan kelas.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
mengerjakan latihan menggunakan tanda titik dalam kalimat, terutama pada singkatan nama orang dan sebagainya.
G.
Penilaian:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Melengkapi cerita rumpang
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Lengkapi-lah cerita “Celengan Beni” dengan
kata atau kalimat yang tepat!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
nilai
|
Keterangan Abaikan peringatan
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Kekompakan dalam kelompok.
Kecermatan memilih kalimat untuk melengkapi cerita
rumpang.
Ketepatan menggunakan tanda baca titik, koma, dll.
Keberanian tampil ke depan kelas.
Lafal, intonasi, dan mimik dalam membaca cerita.
|
Penampilan dan Cerita lengkap.
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
4. Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat.
B. Kompetensi Dasar
4.4. Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita
dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma, dll.)
C. Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat Membaca contoh surat untuk
teman sebaya
§ Siswa dapat Menggunakan tanda koma untuk
memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
§ Siswa dapat Membubuhkan tanda koma dalam
kalimat
§ Siswa dapat Menulis bagian-bagian surat
§ Siswa dapat Menulis surat untuk teman
sebaya tentang pengalaman
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. Materi
§ Contoh surat pribadi
E. Kegiatan Pembelajaran
§ Membaca contoh surat untuk teman sebaya.
§ Memahami penggunaan tanda koma.
§ Membubuhkan tanda koma.
§ Menulis bagian-bagian surat.
§ Menulis surat untuk teman sebaya.
F. Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal:
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Siswa
membaca contoh surat pribadi dengan saksama.
§ Kegiatan Inti:
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat Membaca contoh surat untuk teman sebaya
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Kegiatan
dilanjutkan dengan mempelajari penggunaan tanda koma di dalam penulisan surat
pribadi.
F
Kemudian
Siswa diminta menuliskan
bagian-bagian surat pribadi.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya siswa diminta menulis surat untuk teman
tentang pengalaman yang paling mengesankan dengan memperhatikan penggunaan
tanda baca.
G. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menulis surat untuk
teman sebaya
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
·
Tulislah surat untuk teman sebaya tentang
pengala-man!
|
No.
|
Unsur Penilaian
|
Nilai
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Pesan yang ingin disampaikan
Bagian-bagian surat
Penggunaan tanda baca
|
H. Sumber / Alat
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4A
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP :
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar