RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
5. Mendengarkan pengumuman
B.
KOMPETENSI DASAR
5.1 Menyampaikan kembali isi pengumuman yang
dibacakan
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**
§ Siswa dapat menyampaikan kembali isi
pengumuman yang dibacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Siswa mencatat pokok-pokok pengumuman
§ Siswa menuliskan isi pengumuman ke dalam
beberapa kalimat
§ Siswa mende-ngarkan pengu-muman
dengan topik berbeda
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
MATERI AJAR
§ Teks pengumuman
E.
METODE PEMBELAJARAN:
§ Ceramah, latihan, dan penugasan.
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang cara mendengarkan pengumuman yang baik dan
tepat.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menyimak penjelaskan guru tentang cara mendengarkan pengumuman yang yang baik
dari media elektronik/radio atau orang.
F
Guru
meminta salah seorang siswa membacakan pengumuman yang terdapat pada lampiran
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F
Setiap
siswa mendengarkan dengan cermat pengumuman yang dibacakan salah seorang teman.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Semua
siswa mencatat pokok-pokok pengumuman dengan menjawab daftar pertanyaan dan
mendiskusikan kepada teman sebangkunya.
F
Selanjutnya,
siswa diminta menuliskan isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat.
F
Siswa
menyampaikan isi pengumuman dengan kata-kata sendiri di depan kelas.
F
Siswa
lain diberi kesempatan
memberikan komentar.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diberi tugas mencari pengumuman di koran, majalah atau di sekolah. Kemudian
mencatat pokok-pokok pengumuman tersebut dan menuliskan ke dalam beberapa
kalimat saja untuk disampaikan di depan kelas.
G.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR:
§ Standar isi
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§ Surat kabar dan majalah
H.
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Menulis-kan
pokok-pokok pengumuman
· Menuliskan
isi pengumuman
· Menyampaikan
kembali isi pengumuman
· Mende-ngarkan
pengumuman lain dan menyampaikan nya kembali
|
Teknik
tes:
Lisan
Non
tes:
perbuatan
|
Bentuk:
Unjuk kerja
Instrumen:
Lembar penilaian unjuk kerja
|
· Tulislah
isi pengumuman ke dalam beberapa kalimat!
· Sampaikanlah
isi pengu-muman dengan intonasi, lafal, dan ekspresi yang tepat!
|
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
____________________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
5.
Mengarkan pembacaan pantun.
B. KOMPETENSI DASAR:
5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan
lafal dan intonasi yang tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat menirukan pembacaan pantun
anak dengan lafal dan intonasi yang tepat.
§ Siswa mendengarkan pembacaan pantun
§ Siswa menirukan pembacaan pantun
§ Siswa menjelaskan isi pantun dengan cara
menjawab pertanyaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. MATERI:
§ Pantun anak
§ Gambar yang berhubungan dengan pantun
E. METODE PEMBELAJARAN:
§ Pemberian tugas
§ Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan kepada siswa untuk memperhatikan gambar ketika mendengarkan
pembacaan pantun, karena gambar tersebut berhubungan dengan pantun yang
dibacakan.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
membacakan pantun anak dengan suara yang jelas sambil menunjukkan gambar yang
menceritakan tentang isi pantun.
F
Siswa
mendengarkan guru membacakan pantun sambil memperhatikan gambar yang menceritakan isi pantun pada buku
Bina Bahasa Indonesia
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menirukan guru membacakan tiga buah pantun yang terdapat pada lampiran buku
Bina Bahasa Indonesia 4b dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F
Siswa
mencatat ketiga pantun tersebut ke dalam buku tugasnya.
F
Guru
mengajukan pertanyaan tentang isi pantun yang dibacakan.
F
Siswa
menjawab pertanyaan dengan
mendiskusikan bersama kelompoknya.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta mencari pantun anak bersama kelompoknya.
Kemudian, membacakannya di depan kelas dengan lafal dan intonasi yang tepat.
G. ALAT DAN SUMBER:
§ Standar Isi
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§ Surat kabar dan majalah anak.
H. PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Menirukan
pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
· Menjawab
pertanyaan ten tang isi pantun
|
Teknis tes: tertulis
Non tes: perbuatan
|
Bentuk: produk dan penugasan
Instrumen: daftar tugas
|
· Jelaskan
isi pantun dengan cara menjawab pertanyaan!
|
______________________________________________________________________________
Catatan / Saran:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
_____________________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI:
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun.
B.
KOMPETENSI DASAR:
6.1
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat berbalas pantun dengan lafal
dan intonasi yang tepat.
§ Siswa membaca pantun berbala-san dengan intonasi dan
lafal yang sesuai
§ Siswa mencatat kata-kata sukar di dalam
pantun.
§ Siswa mencari makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang isi
pantun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
Materi:
§ Pantun berbalas-balasan.
E.
METODE PEMBELAJARAN:
§ Pemberian tugas
§ Demontrasi
§ Kerja kelompok
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
membentuk dua kelompok, yaitu kelompok A dan B. Kedua kelompok akan berbalas
pantun yang terdapat pada buku Bina Bahasa Indonesia 4b halaman 47.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Kelompok
A membaca pantun 1. Kemudian, kelompok B melanjutkan dengan membaca pantun 2.
F
Setelah
itu, kelompok A membaca pantun 3 dan kelompok B melanjutkan dengan membaca
pantun 4.
F
Siswa
mengungkapkan pesan yang terkandung dalam setiap pantun di halaman 47.
F
Sebelum
mengungkapkan, siswa menulis dahulu di buku tugasnya.
F
Siswa
mengungkapkan pesan pantun 1
sampai dengan 4.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Pada
akhir kegiatan, siswa diminta memberikan Penilaian kepada teman yang mengungkapkan pesan. Jika, ada yang kurang tepat dibicarakan
bersama-sama.
G.
ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
§ Kumpulan pantun anak bertema pendidikan.
H.
PENILAIAN
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membaca
pantun secara berbalasan
· Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
· Mencari
arti kata sukar dalam pantun menggunakan
kamus
· Menjawab
pertanyaan tentang isi pantun
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk
|
Instrumen: lembar kerja, daftar tugas, lembar penilaian
unjuk kerja
|
· Jawablah
pertanyaan tentang isi pantun!
· Bacalah
pantun berbala-san dengan intonasi dan lafal yang sesuai !
|
_____________________________________________________________________
Catatan / Saran:
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
infomasi dengan bertelepon.
B. KOMPETENSI DASAR:
6.2 Menyampaikan pesan yang diterima melalui
telepon.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat menyampaikan pesan penelepon
sesuai dengan yang diterima.
§ Siswa dapat memperagakan percakapan
bertelepon
§ Siswa dapat mencatat pesan penelepon
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. MATERI:
§ Pesan telepon
E. METODE PEMBELAJARAN:
§ Penugasan, bermain peran, latihan
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan manfaat pesawat telepon dalam kehidupan sehari-hari.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menyampaikan pesan penelepon sesuai dengan yang
diterima.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru
meminta tiga orang siswa memerankan percakapan bertelepon yang terdapat pada
Buku Bina Bahasa Indonesia 4b pada halaman 3 sesuai dengan peran tokoh
masing-masing.
F
Tiga
orang siswa memerankan tokoh yang ada dalam percakapan. Ada yang berperan
sebagai Zaki, si penelepon dan ada yang berperan sebagai Ina, penerima telepon.
Satu orang lagi sebagai Indra, penerima pesan.
F
Sambil
menerima telepon, tokoh Ina mencatat pesan yang diterima dari Zaki ke dalam
format Catatan Telepon Masuk seperti tampak di bawah ini.
Catatan
Telepon Masuk
Hari dan tanggal terima: _____________________ pukul
_____________________
Penelepon :
_______________________________________________
Penerima :
_______________________________________________
Ditujukan kepada :
_______________________________________________
Isi berita : 1.
_____________________________________________
2.
_____________________________________________
3.
_____________________________________________
Penerima,
________________
|
F
Selanjutnya guru meminta tokoh Ina menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon kepada tokoh Indra.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diberi tugas bersama teman sebangkunya untuk bertelepon di telepon umum,
telepon rumah, wartel, atau bermain peran menggunakan percakapan bertelepon
berisi pesan yang dibuat sendiri.
G. ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
H. PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Mencatat
pesan penelepon
· Menyampaikan
pesan yang diterima melalui telepon
|
Teknik non tes:
Perbuatan
Bentuk :
Unjuk kerja
|
Instrumen:
Kinerja dan lembar penilai
an unjuk kerja
|
· Peraga-kanlah
percaka-pan berte-lepon!
|
____________________________________________________________________________
Catatan / saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
@
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A.
STANDAR KOMPETENSI:
7.
Memahami teks melalui membaca intensif.
B.
KOMPETENSI DASAR:
7.1 Menemukan kalimat utama pada tiap
paragraf melalui membaca intensif.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat menemukan kalimat utama pada
tiap paragraf melalui membaca intensif.
§ Siswa
dapat membaca teks terdiri bebe-rapa
paragraf.
§ Siswa dapat menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan teks
§ Siswa dapat menuliskan kalimat uta-ma tiap
paragraf
§ Siswa dapat meringkas teks dengan kalimat
runtut.
§ Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata
sukar
§ Siswa dapat menggunakan kata sukar dalam
kalimat
§ Siswa dapat menggunakan kata depan di, ke,
dan dari dalam kalimat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
MATERI:
§ Teks bacaan
E.
METODE PEMBELAJARAN:
§ Tanya jawab
§ Diskusi kelompok
§ Pemberian tugas
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang kalimat utama dalam bacaan dengan memberi
contoh yang terdapat dalam sebuah paragraf bacaan.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat menemukan kalimat utama
pada tiap paragraf melalui membaca intensif.
F
Siswa
dapat membaca teks terdiri
bebe-rapa paragraf.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
membaca teks yang terdapat dalam Bina Bahasa Indonesia 4b hal. 4 dan 5 secara
intensif tanpa suara.
F
Siswa
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
F
Siswa
membandingkan jawaban pertanyaan teks dengan pekerjaan teman sebangkunya.
F
Siswa
membicarakan bersama teman sebangku bila ada perbedaan jawaban.
F
Bersama
teman kelompok, siswa mencari kalimat utama pada setiap paragraf teks yang dibaca.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya, siswa diminta meringkas teks bacaan
dengan cara merangkaikan kalimat-kalimat
utama pada setiap paragraf bacaan.
F
Siswa
melaporkan hasil kerjanya di depan kelas.
G.
ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Bina Bahasa Indonesia 4b
H.
PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Menjawab
pertanyaan
· Menemukan
kalimat utama pada setiap paragraf
· Meringkas
isi bacaan
· Mengartikan
kata-kata sukar dalam teks
· Menggunakan
kata-kata sukar dalam bacaan
· Menggunakan
kata depan di, ke, dan dari.
|
Teknik tes:
Tertulis, lisan
Non tes: Perbuatan
Bentuk: jawaban singkat dan
unjuk kerja
|
Instrumen: Lembar tugas,
daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja
|
· Ringkaslah
teks dengan kalimat runtut !
· Identifikasi-lah
kata-kata sukar yang terdapat dalam teks!
|
______________________________________________________________________
Catatan/Saran:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
7. Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun.
B. KOMPETENSI DASAR:
7.2 Membaca
nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat menyampaikan isi
pengumuman secara lisan.
§ Siswa dapat menuliskan kalimat utama pada
setiap paragraf bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. MATERI:
§ Pengumuman lisan dan teks bacaan.
E. METODE PEMBELAJARAN:
§ Pemberian tugas
§ Demontrasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang kalimat utama dalam bacaan suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Menyampaikan isi pengumuman secara
lisan
F
Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
teks.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
membandingkan jawaban pertanyaan teks dengan pekerjaan teman sebangkunya.
F
Siswa
membicarakan bersama teman sebangku bila ada perbedaan jawaban.
F
Bersama
teman kelompok, Siswa menuliskan kalimat utama pada setiap paragraf bacaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Selanjutnya,
siswa diminta pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F
Siswa melaporkan hasil kerjanya di depan
kelas.
G. ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi.
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b.
§ pengumuman dengan lafal dan intonasi yang
tepat.
H. PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Menyampaikan
isi pengumuman secara lisan
· Menemukan
kalimat utama pada setiap paragraf dalam bacaan
|
Lisan dan tertulis
|
Instrumen: Lembar tugas,
daftarpertanyaan,dan lembar penilaian unjuk kerja
|
· Tuliskan
kalimat utama pada setiap paragraf
bacaan !
|
______________________________________________________________________
Catatan / Saran:
.............................................................................................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI:
7. Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun.
B. KOMPETENSI DASAR:
7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat membaca pantun anak secara
berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat dan dapat menjelaskan isi
pantun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. MATERI:
§ Pantun yang dibuat kelompok.
E. METODE PEMBELAJARAN:
§ Pemberian tugas
§ Demontrasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
membagi siswa dalam dua kelompok untuk membaca pantun secara berbalas-balasan.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
dapat membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang
tepat dan dapat menjelaskan isi pantun
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
kelompok 1 membacakan pantun 1. Kemudian, kelompok 2 membalasnya dengan membaca
pantun 2.
F
Siswa
kelompok 1 membacakan pantun 3 dan kelompok 2 melanjutkannya dengan membaca
pantun 4
F
Siswa
mencatat kata-kata yang sukar ke dalam tabel dan mencari artinya di dalam
kamus.
F
Siswa menjawab pertanyaan tentang isi pantun.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa menyerahkan hasil kerjanya untuk
mendapatkan Penilaian.
G. ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi.
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b.
§ Kumpulan pantun anak.
H. PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membaca
pantun secara berbalasan
· Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
· Mencari
arti kata sukar dalam pantun menggunakan
kamus
· Menjawab
pertanyaan tentang isi pantun
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: unjuk kerja, produk
|
Instrumen: lembar kerja, daftar tugas,
lembar penilaian unjuk kerja
|
· Catatlah
kata-kata sukar di dalam pantun !
· Carilah
makna istilah yang sukar dalam pantun menggunakan kamus!
|
______________________________________________________________________
Catatan / Saran:
.............................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/2
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
A.
STANDAR KOMPETENSI:
8. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam
bentuk pantun anak.
B.
KOMPETENSI DASAR:
8.1
Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan
penggunaan ejaan (huruf
besar dan tanda baca)
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat menyusun karangan tentang
berbagai topik sederhana berdasarkan rangkaian gambar.
§ Siswa menentukan tema karangan.
§ Siswa menyusun kerangka karangan.
§ Siswa mengembangkan kerangan menjadi
karangan yang padu.
§ Siswa dengan memperhatikan ejaan dan tanda
baca yang sesuai.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
MATERI:
§ Karangan anak
E.
METODE PEMBELAJARAN:
§ Ceramah
§ Pemberian tugas
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
mengajak siswa mengamati dan menjelaskan maksud rangkaian gambar yang terdapat
dalam Buku Bina Bahasa Indonesia 4b, hal. 9.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mengamati rangkaian gambar dengan cermat dan teliti.
F
Siswa memberi keterangan/maksud masing-masing
gambar tersebut.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
membuat kerangka karangan dengan cara memberi perincian terhadap keterangan
yang telah ditulisnya.
F
Siswa
mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan yang padu dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengembangkan keterangan yang ada di bawah gambar nomor 1, 2, 3, dan 4
menjadi kalimat utama.
2. Mengembangkan keterangan pada huruf a, b, c, seperti contoh di Buku Bina
Bahasa Indonesia 4b hal. 9.
3. Pengembangan
kerangka tersebut disusun ke bawah.
4. Memberi judul
yang sesuai.
5. Memperhatikan
penggunaan ejaan dalam karangan.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta melaporkan hasil kerjanya dengan
cara menceritakan atau menyampaikan
kepada teman-temannya di depan kelas.
G.
ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Buku Bina Bahasa Indonesia 4b
H.
PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Menentukan
tema karangan.
· Menyusun
kerangka karangan.
· Mengembang-kan
kerangka ka- rangan menjadi karangan yang padu
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: Pedoman penilaian produk.
|
· Susunlah
kerangka karangan dan kemudian
mengem-bangkan kerangka karangan menjadi karangan yang padu!
|
______________________________________________________________________
Catatan/saran:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Waktu : 2 x 35 menit
Tema : Teknologi
Sederhana
A.
STANDAR KOMPETENSI:
8. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam
bentuk pantun anak.
B.
KOMPETENSI DASAR:
8.2 Menulis pengumuman dengan bahasa yang
baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat membuat naskah pengumuman
dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D.
MATERI:
§ Ejaan dan tanda baca.
E.
METODE PEMBELAJARAN:
§ Ceramah
§ Tanya jawab
§ Pemberian tugas
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan kepada siswa tentang maksud dan tujuan pengumuman dengan
menampilkan contoh pengumuman.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mengenal cara menulis pengumuman dengan mendengarkan penjelasan guru.
F
Siswa membaca kalimat-kalimat yang merupakan
naskah pengumuman yang masih tersusun acak.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyusun kalimat acak menjadi naskah pengumuman yang padu.
F
Siswa
membacakan naskah pengumuman yang sudah tersusun baik di depan kelompoknya masing-masing dengan suara
keras dan jelas.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Akhir kegiatan, siswa diminta membuat naskah
pengumuman sendiri tentang lomba membuat kerajinan tangan dari barang bekas.
Selengkapnya, lihat Bina Bahasa Indonesia 4b pada halaman 39.
G.
ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Bina Bahasa Indonesia 4b
§ Surat kabar atau majalah
H.
PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
· Membaca
naskah pengu-muman acak
· Menyusun
naskah pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan
dan tanda baca yang sesuai
Menulis naskah pengumuman sendiri
|
Teknik nontes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: daftar tugas dan lembar
penilaian produk.
|
· Susunlah
naskah pengumuman yang tersusun acak menjadi pengumuman yang padu disertai
penggunaan ejaan dan tanda baca yang sesuai !
· Tulis
lah naskah pengumu-man sendiri dengan bahasa yang baik dan memperha-tikan
peng-gunaan ejaan yang sesuai !
|
______________________________________________________________________
Catatan / Saran:
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35
menit
Tema : Disiplin
A. STANDAR KOMPETENSI:
8. Menulis
Mengungkap-kan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk pantun anak.
B. KOMPETENSI DASAR:
8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang
kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN**:
§ Siswa dapat membuat pantun yang menarik
tentang kepatuhan sesuai dengan ciri-ciri pantun.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
D. MATERI:
§ Pantun anak.
E. METODE PEMBELAJARAN:
§ Ceramah
§ Kerja kelompok
§ Pemberian tugas
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN:
§ Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Guru
menjelaskan ciri-ciri pantun dengan memberi contoh pantun anak tentang
kedisiplinan yang terdiri empat baris. Kemudian, pada suku kata akhir setiap
baris pantun diberi garis tebal sebagai ciri pantun.
§ Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
mengidentifikasi ciri-ciri pantun sambil mendengarkan penjelasan guru.
F
Siswa mencoba menyimpulkan ciri-ciri pantun
bersama kelompoknya.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
menyusun pantun acak yang ditugaskan guru pada halaman 23, buku Bina Bahasa
Indonesia 4b menjadi pantun yang padu dan menyalinnya di buku tugas.
F
Siswa
menyempurnakan pantun-pantun di halaman 24 buku Bina Bahasa Indonesia 4b dengan
memilih pasangan yang tepat.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta membuka kembali buku Bina Bahasa
Indonesia 4b halaman 19. Pada halaman tersebut terdapat percakapan. Pada percakapan itu, Luki dan
kelompoknya harus membuat pantun yang bertema kedisiplinan sebanyak dua bait!
Pantun pertama bersajak silang (a-b-a-b) dan pantun kedua bersajak rata
(a-a-a-a). Nah, bantulah Luki dan kelompoknya membuat pantun tersebut!
G. ALAT DAN SUMBER:
§ Standar isi
§ Bina Bahasa Indonesia 4b
H. PENILAIAN:
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Menyusun pantun anak
·
Menyempurna-kan pantun
·
Membuat pantun sendiri tentang ketekunan
|
Teknik non tes: perbuatan
Bentuk: produk
|
Instrumen: lembar penlaian produk
|
·
Susunlah pantun acak menjadi pantun yang
padu!
·
Buatlah pantun sendiri dengan
tema ketekunan
|
_____________________________________________________________________
Catatan / Saran:
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
______________________________________________________________________
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar