Belajar itu menyenangkan. Tapi,
siapa yang menjadi stakeholder dalam proses pembelajaran yang menyenangkan itu?
Jawabannya adalah siswa. Siswa harus menjadi arsitek dalam proses belajar
mereka sendiri. Kita semua setuju bahwa pembelajaran yang menyenangkan
merupakan dambaan dari setiap peserta didik. Karena proses belajar yang
menyenangkan bisa meningkatkan motivasi belajar yang tinggi bagi siswa guna
menghasilkan produk belajar yang berkualitas. Untuk mencapai keberhasilan
proses belajar, faktor motivasi merupakan kunci utama. Seorang guru harus
mengetahui secara pasti mengapa seorang siswa memiliki berbagai macam motif
dalam belajar. Ada empat katagori yang perlu diketahui oleh seorang guru yang
baik terkait dengan motivasi “mengapa siswa belajar”, yaitu (1) motivasi
intrinsik (siswa belajar karena tertarik dengan tugas-tugas yang diberikan),
(2) motivasi instrumental (siswa belajar karena akan menerima konsekuensi:
reward atau punishment), (3) motivasi sosial (siswa belajar karena ide dan
gagasannya ingin dihargai), dan (4) motivasi prestasi (siswa belajar karena
ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa dia mampu melakukan tugas yang
diberikan oleh gurunya).
Kamis, 16 Agustus 2012
Strategi Pembelajaran Matematika SD dan Karakteristik Anak Didik
A. Strategi Pembelajaran Matematika
SD
Dalam pelaksanaan
kegiatan pembelajaran matematika pemecahan masalah, merupakan fokus
kegiatan (Diknas,2004:78). Sedangkan definisi pembelajaran adalah sebagai upaya
untuk membelajarkan siswa (Degeng, 1997:7). Dengan pengertian di atas bahwa
pembelajaran dapat diartikan sebagai, suatu kegiatan yang
mermberikan fasilitas belajar yang baik sehingga terjadi proses belajar
(Harmini,2005:3). Sehingga strategi pembelajaran merupakan kegiatan yang
dipilih oleh guru
dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan fasilitas belajar sehingga
memperlancar tujuan belajar matematika (Hudoyo dalam Harmini, 2004:9). Strategi
Pembelajaran Matematika SD
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan
bahwa strategi pembelajaran merupakan kegiatan yang dipilih guru dalam suatu
proses pembelajaran yang meliputi:
Soal Uji Kompotensi Guru SD, UKG SD
- Date : 2012-01-15 09:50:09 | View: 10232 | Keyword: Soal Tes Uji Kompotensi Guru SD, Soal Uji Kompotensi Guru SD, UKG SD
1. Gambarlah
penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan
putih)
2. Gambarlah
perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
3. Buktikan
bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
4. Gambarlah
perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
5. Buatlah
jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
6. Mengapa
jamur termasuk heterotrof?
7. Dalam
sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan
abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
8. Jelaskan
perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan
contohnya masing-masing!
9. Apa yang
terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas
ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian
DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan
menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
11. Apa yang dimaksud dengan
efek rumah kaca!
12. Mengapa karbon monoksida
atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
13. Secara historis
epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS
di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
14. Coba anda jelaskan tentang
pertama kali munculnya istilah IPS ?
15. Perkembangan pemikiran
pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an,
pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan
jelaskan!
16. Mengapa kurikulum PPSP
dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
17. Dikatakan bahwa IPS dapat
memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung
rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
18. Jelaskan pengertian
pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
19. Bandingkanlah pendekatan
tujuan dan pendekatan struktural!
20. Apa yang dimaksud dengan
pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
21. Apa yang dimaksud dengan
pendekatan Whole language?
22. Bagaimanakah guru
melakukan penilaian dalam kelas Whole language?
Sumber : Materi PLPG SD, Unnes, 2008
Lihat Materi disini
UJI KOMPETENSI GURU
Top of Form
ENJANG/TINGKAT : SEKOLAH DASAR ( SD )
Petunjuk :
1. Klik pada radio button di samping jawaban di setiap nomor soal.
2. Di akhir soal klik "Lihat Hasil" atau "Reset".
1. Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A. Pembelajaran Kelas Rangkap
B. Lesson Study
C. PAKEM
D. CBSA
2. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
3. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A. Addition
B. Restructuring
C. Alternation
D. Substitution
4. Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A. Linier
B. Kontradiktif
C. Konvergen
D. Collective
5. Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A. Information
B. Convergence
C. Mutual Understanding
D. Network Relationship
6. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
7. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
8. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A. Bujukan (persuasion)
B. Konfirmasi (confirmation)
C. Implementasi (implementation)
D. Pengembalian keputusan (decision making)
9. Suatu sistem sosial yang secara jelas mempersyaratkan kelompok orang/geografis melaksanakan suatu inovasi merupakan . . . .
A. Kegiatan pemeliharaan terbatas
B. Fasilitas fisik
C. Ukuran kewilayahan
D. Penggunaan waktu
10. Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A. Tujuan yang ingin dicapai
B. Prosedur yang digunakan
C. Kondisi normatif
D. Struktur sosial
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Langganan:
Postingan (Atom)