Rabu, 15 Agustus 2012

REKOMENDASI EDS UNTUK RKS



Nama Sekolah           : SDN Pelangkidul 3
Alamat                      : Ds.Pelangkidul  
Kecamatan                : Kedunggalar
Kabupaten                 : Ngawi
Provinsi                     : Jawa Timur

NO

STANDAR
TAHAPAN PENGEMBANGAN
REKOMENDASI

1
2
3
4


1

STANDAR    ISI







1.1.
Kurikulum sudah sesuai dan relevan
1.1.1.   Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.


 
ü


1.    Sekolah kami perlu melibatkan pengawas  sekolah selaku pembimbing dalam penyusunan KTSP
2.  Sekolah kami perlu menambah 2 prinsip dalam pelaksanaan kurikulum ( multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi serta menggunakan pendekatan - mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah ).

1.1.2.   Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.




ü

  1. Pelaksanaan muatan lokal yang disesuaikan dengan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya perlu ditingkatkan lebih baik lagi.


1.1.3.   Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.




ü

1.   Pelaksanaan remidial perlu diadakan peningkatan.

1.2.


Sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
1.2.1.   Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.












ü


1.      Sekolah kami perlu Diklat tentang Bimbingan Konseling kepada semua guru dan KS


1.2.2.    Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.




ü


1.    Sekolah kami perlu mengadakan alat kesenian hadroh.
2.    Sekolah kami perlu mempunyai guru seni tari dan karawitan.
2
STANDAR    PROSES





2.1.
Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
2.1.1.     Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.






ü


  1. Penyusunan silabus di sekolah kami perlu ditingkatkan.

2.1.2.    Pengembangan Silabus dilakukan guru secaramandiri atau berkelompok.





ü



  1. Pengembangan silabus di sekolah kami perlu direvisi setiap tahun.

2.2.
RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
2.2.1.   Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.












ü






  1. Dalam penyusunan RPP di sekolah kami perlu ditingkatkan sesuai dengan sistem pembelajaran yang baru.

2.2.2.   RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.belajar lain.


ü



1.      Disekolah kami RPP perlu  disusun dengan memperhatikan bakat,potensi,sosisl,emosi ,dan budaya lingkungan peserta didik


2.3.
Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat

2.3.1.     Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.




ü




  1. Semua guru di sekolah kami perlu menggunakan buku panduan,buku referensi , buku pengayaan dan sumber belajar lainnya dalam setiap pembelajaran.
  2.  Semua peserta didik  di sekolah kami perlu  menggunakan buku -buku dan sumber belajar lainnya yang ada di perpustakaan.


2.3.2  Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.


ü




  1. Semua guru di sekolah kami perlu menggunakan buku-buku dalam perpustakaan sebagai sumbel belajar dalam proses pembelajaran.
  2. Semua guru di sekolah kami perlu menggunakan laboratorium IPA sebagai sumber dan alat dalam proses pembelajaran.

2.4.
Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik
2.4.1.   Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.






ü








1.  Pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah kami perlu ditingkatkan





2.4.2   Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.


ü


  1. Belum Semua peserta didik memperoh kesempatan untuk melakukan elaborasi dalam proses pembelajaran

2.5.
Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
2.5.1.   Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

ü




  1. Kepala Sekolah perlu melaksanakan seluruh  tindak lanjut hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran





2.5.2.   Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.



ü


  1. Pengawas Sekolah perlu melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran kepada semua guru
  2. Pengawas Sekolah perlu melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran setiap bulan.
3.      Pengawas  Sekolah perlu melakukan supervisi dan evaluasi proses pembelajaran secara terus menerus / berkelanjutan.

3.
STANDAR  KOMPETENSI  LULUSAN






3.1.
Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
3.1.1.   Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.









ü




  1. Pencapaian prestasi akademik peserta didik di sekolah kami perlu ditingkatkan setiap tahun ajaran.


3.1.2.    Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.




ü





  1. Sekolah kami perlu memanfaatkan secara maksimal dan sumber belajar dari lingkungan sekitar.


3.1.3.    Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.



ü





  1. Semua peserta didik sekolah kami perlu berpeng alaman belajar memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
  2. Semua peserta didik di sekolah kami perlu berpengalaman belajar mengekspresikan diri (Pelaksanaan pekan bahasa, pentas seni-budaya, pameran lukisan, dan hasil karya) secara maksimal.

3.2.

Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

3.2.1.   Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.


ü



  1. Peserta didik secara keseluruhan perlu berkepribadian sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat



3.2.2.    Sekolah mengembangkan   Ketrampilan hidup


ü


  1. Sekolah kami perlu menyusun program pengembangan ketrampilan hidup.


3.2.3.  Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.





ü


  1. Semua peserta didik perlu mengamalkan ajaran agama sesuai dengan agama yang mereka ikuti dan berperilaku sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di lingkungan mereka serta mematuhi norma/aturan yang berlaku di sekolah maupun di masyarakat dimana mereka tinggal.

4.          
STANDAR  PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN






4.1.
Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.1.1.     Jumlah pendidik memenuhi standar.


ü



  1. Sekolah kami perlu adanya penambahan guru bahasa inggris yang PNS dan SBK.


4.1.2.   Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar. 
ü



  1. Sekolah kami perlu memiliki Tenaga Administrasi dan petugas Perpustakaan minimal 1 orang  yang PNS

4.2.
Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.2.1.    Kualifikasi pendidik memenuhi standar



ü










  1. Kepala Sekolah di sekolah kami perlu segera  di sertifikasi
  2. 4 guru di sekolah kami harus berkualifikasi akademin S-1/D-IV.
  3. 6 guru di sekolah kami agar segera dapat mengikuti sertifikasi.


4.2.2.    Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standard


ü



  1. Kualifikasi Tenaga Administrasi dan kualifikasi Petugas Perpustakaan di sekolah kami harus memenuhi standar.

4.3.
Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.3.1.    Kompetensi pendidik memenuhi standar
ü




  1. Kepala sekolah kami perlu memiliki Kompetensi kewirausahaan di sekolah yang memenuhi standar.



4.3.2.    Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standard

ü



  1. Di sekolah kami perlu Tenaga Administrasi dan kualifikasi Petugas Perpustakaan di sekolah kami harus memenuhi  standar kompetensi.


  5.
STANDAR  SARANA  DAN  PRASARANA






5.1.
Sarana sekolah sudah memadai
5.1.1.    Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.




ü


1.    Pengusulan  sertifikat tanah
2.    Pengusulan  IMB
3.    Pengusulan proposal untuk pengadaan ruang Laboratorium IPA dan sarana dan prasaranya.
4.    Sarana ruang pimpinan di sekolah kami perlu di lengkap ( villing cabinet dan brangkas belum ada )
5.    Pengusulan pengadaan Ruang Guru yang memenuhi standar
6.    Pengajuan proposal tempat beribadah  dan sarana yang lengkap
7.    Pengajuan proposal pengadaan ruang UKS dan prasarana yang lengkap.
8.    Pengajuan proposal pengadaan gudang beserta perlengkapan sarana
9.    Pengajuan proposal pengadaan  Ruang Sirkulasi  yang memenuhi standar.



5.1.2.    Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.


ü



1.    Di sekolah kami perlu di usakan peningkatan jumlah pesrta didik dalam setiap rombongan belajar.


5.1.3.    Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

ü



1.      Di sekolah kami perlu menyediaan alat dan/atau sumber belajar di laboratorium IPA.
2.      Di sekolah kami perlu menyediaan alat dan/atau sumber belajar di tempat bermain / berolahraga dengan lengkap.

5.2.
Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik
5.2.1.    Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar

ü



  1. Sekolah kami perlu melaksanakan secara maksimal perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana pada kurun waktu 5 tahun terakhir


5.2.2.    Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.




ü



  1. Bangunan gedung di sekolah kami perlu dilengkapi sistem proteksi pasif dan /atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.
  2. Sekolah kami belum terproteksi dari gangguan keamanan dari luar (memiliki pagar yang kokoh dan berpintu)

6
STANDAR PENGELOLAAN






6.1.
Kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak  .
6.1.1.    Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.



ü




  1. Visi dan misi sekolah kami belum difahami secara maksimal oleh semua warga sekolah.

  1. Sekolah kami belum mereviu Visi dan Misi secara berkala.



6.1.2.   Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.





ü


1.      Sekolah kami perlu peningkatan dalam pembuatan laporan pelaksanaan RKS kepada Dinas Pendidikan dan Komite sekolah.

6.2.
Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan

6.2.1. Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.






ü



  1. Sekolah kami perlu memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi sekolah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS



6.3.
Rencana Pengembangan Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
6.3.1.    Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)




ü






1.      Pembuatan RKS dan RKAS di sekolah kami perlu ditingkatkan sesuai dengan prioritas kebutuhan sekolah.


6.3.2.    Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar



ü






6.3.3. Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar





ü


1.      Sekolah kami akan selalu meningkatkan dan mengembangkan sekolah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

6.4.
Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
6.4.1.     Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan





ü




1.      Sekolah kami perlu peningkatan dalam pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan.



6.4.2. Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses





ü

1.      Sekolah kami perlu  memiliki  petugas untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah
2.      Sekolah kami perlu mencatat dan mendokumentasikan semua informasi dari masyarakat.

6.5.
Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

6.5.1.   Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan 
















ü








1.       Sekolah kami perlu peningkatan dalam pemberian penghargaan kepada pendidik


6.5.2.   Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional




ü


1.      Sekolah kami akan selalu melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaa tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun dan akan memprogram dengan baik.

6.6.
Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah

6.6.1.   Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.












ü






1.      Sekolah kami akan selalu menjalin hubungan dengan warga sekolah untuk terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.



6.6.2.   Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis





ü

  1. Sekolah kami selalu menjalin kemitraan dengan lembaga masyarakat untuk melibatkan dalam kegiatan non akademik.

7.
STANDAR PEMBIAYAAN






7.1.
Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar
7.1.1.   Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota






ü






  1. Sekolah kami dalam menyusun RKAS/RAPBS selalu merujuk pada Peraturan Pemerintah dan selalu dikomunikasikan kepada komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait.



7.1.2.   Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan




ü

1.   Kepala sekolah mengajukan permohonan pengadaan pelaksanaan workshop tentang pembuatan RAPBS yang benar.



7.1.3.     Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.




ü


  1. Whorkshop untuk pengelolaan bantuan BOS mohon diadakan setiap tahun.




7.1.4.    Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.





ü

  1. Dalam pembuatan laporan keuangan di sekolah kami perlu ditingkatkan.


7.2.
Upaya sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

7.2.1. Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri


ü



1.   Sekolah kami perlu menyusun dan menyelenggarakan kegiatan pengembangan kewirausahaan.



7.2.2.   Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.


ü



1.   Sekolah kami perlu mengidentifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility).
2.   Sekolah kami perlu menyusun proposal penggalian dana.
3.   Sekolah kami perlu melakukan kegiatan dengan melibatkan DUDI.




7.2.3.Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.


ü




1.   Sekolah kami perlu memiliki wadah / organisasi alumni.
2.   Sekolah kami perlu mempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni.
3.   Sekolah kami perlu memanfatkan sumber daya alumni .


7.3.

Sekolah menjamin kesetaraan akses

7.3.1.    Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.



ü







1.   Sekolah kami perlu mempunyai peralatan bagi siswa yang berkebutuhan khusus.


7.3.2. Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi



ü



1.   Harapan sekolah kami untuk tahun mendatang, sekolah kami bisa menarik iuran sekolah disamping iuran dana BOS untuk peningkatan mutu siswa di sekolah tanpa ada rekomendasi dari bupati.

8.
STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN






8.1.
Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
8.1.1.  Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.





ü








1.   Semua pendidik di sekolah kami perlu menyusun kisi-kisi soal.


8.1.2.    Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


ü



1.   KKM di sekolah kami perlu di pajang di setiap kelas dan di tempat yang mudah dilihat oleh peserta didik.


8.1.3.  Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.



ü





8.1.4.  Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.



ü


  1. Semua pendidik di sekolah kami perlu menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik ( PAKEM ).


8.2.
Penilaian berdampak pada proses belajar
8.2.1. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
.



ü


  1. Semua pendidik hendaknya selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam setiap pembelajaran.


8.2.2. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran

 




ü


  1. Semua pendidik perlu selalu mengadakan tindak lanjut terhadap siswa yang bernilai dibawah rata-rata.

8.3
Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
8.3.1. Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.




ü




  1. Sekolah kami perlu menjadikan nilai pendidikan akhlak sebagai nilai tertinggi dalam penentuan kelulusan peserta didik.



8.3.2.  Sekolah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. 



ü


1.    Sekolah kami perlu paguyuban orang tua murid untuk peningkatan mutu pendidikan.













PENUTUP





Demikian Rekomendasi Evaluasi Diri Sekolah kami buat dengan harapan rekomendasi-rekomendasi tersebut diatas dapat terimplementasikan ke dalam rencana pengembangan sekolah dan menjadi acuan bagi pemangku kepentingan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi sebagai bahan pertimbangan untuk membantu sekolah dalam upaya memenuhi delapan standar Nasional Pendidikan yang berdampak kepada primanya layanan bagi peserta didik, orangtua, masyarakat, dan pemangku kepentingan.





                                                                                                Ngawi, 15 Agustus 2012
                                                                                                Kepala SDN Pelangkidul 3






                                                                                                SISWATI, S.Pd, M.Pd
                                                                                                NIP. 19620827 198303 2 017