- Date : 2012-01-15 09:50:09 | View: 10232 | Keyword: Soal Tes Uji Kompotensi Guru SD, Soal Uji Kompotensi Guru SD, UKG SD
1. Gambarlah
penjumlahan 5 + (– 3) dengan menggunakan kartu 2 warna yang berbeda: (hitam dan
putih)
2. Gambarlah
perkalian 5 − 3 dengan menggunakan garis Bilangan
3. Buktikan
bahwa perkalian 5 X (– 3) = - 15 dengan menggunakan pendekatan pola bilangan
4. Gambarlah
perkalian - 3 x 2 dengan menggunakan garis Bilangan
5. Buatlah
jaring-jaring makanan yang terdiri dari 5 rantai makanan!
6. Mengapa
jamur termasuk heterotrof?
7. Dalam
sebuah ekosistem terjadi hubungan timbal balik antara komponen biotik dengan
abiotik. Berikanlah sebuah contoh yang menunjukkan hubungan tersebut!
8. Jelaskan
perbedaan antara ekosistem alami dengan ekosistem buatan serta berikan
contohnya masing-masing!
9. Apa yang
terjadi pada ekosistem sungai bila ada pencemaran yang berupa buangan air panas
ke sungai?
10. Jelaskan bahwa pemakaian
DDT yang berlebihan sebagai bahan buangan yang nonbiodegradable akan
menyebabkan air lingkungan ikut tercemar!
11. Apa yang dimaksud dengan
efek rumah kaca!
12. Mengapa karbon monoksida
atau CO sangat berbahaya kalau terhirup manusia?
13. Secara historis
epistemologis terdapat kesilatan untuk menelusuri perkembangan pemikiran PIPS
di Indonesia. Jelaskan mengapa ?
14. Coba anda jelaskan tentang
pertama kali munculnya istilah IPS ?
15. Perkembangan pemikiran
pendidikan IPS yang tertuang dalam, kurikulum sampai dengan tahun 1990-an,
pendidikan IPS di Indonesia disajikan dalam dua tradisi. Tunjukkan dan
jelaskan!
16. Mengapa kurikulum PPSP
dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS ?
17. Dikatakan bahwa IPS dapat
memberikan dampak positif kepada kewargaan global (mendunia). Dimana untung
rugi dampak tersebut kepada kepribadian siswa? Diskusikan dengan teman!
18. Jelaskan pengertian
pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia !
19. Bandingkanlah pendekatan
tujuan dan pendekatan struktural!
20. Apa yang dimaksud dengan
pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran bahasa Indonesia?
21. Apa yang dimaksud dengan
pendekatan Whole language?
22. Bagaimanakah guru
melakukan penilaian dalam kelas Whole language?
Sumber : Materi PLPG SD, Unnes, 2008
Lihat Materi disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar